Persawahan Disulap Menjadi Opjek Wisata Yang Indah, Desa Talang Benteng “Membangun Desa Tidak Harus Memiliki Dana Miliaran

 

 

 

Publikasinusantara.com |Empat Lawang, Sumsel – Memang banyak wisata yang memanfaatkan alam sebagai objek wisata, seperti halnya Desa Talang Benteng yang berada di Kecamatan Muara Pinang melalui BumDesa Benteng Terbaik menyulap pesawahan menjadi Desa Wisata, ini merupakan sebuah contoh sederhana bagaimana cara membangun desa wisata tanpa harus banyak mengeluarkan biaya, yang terpenting ada kemauan, kreativitas warga untuk berniat mendirikan desa wisata tinggal kerjasama antara aparat desa dengan masyarakat.

 

Dalam hal ini Edy Irawan, AH. SH. I Kepala Desa Talang Benteng sangat berperan penting berdirinya desa wisata, ini adalah bukti keseriusan kepala desa dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui desa wisata.

 

Selain dari pemanfaatan alam (persawahan) untuk menjadi desa wisata, warganya sebagian besar mempunyai kerajinan, baik itu ibu – ibu PKK maupun muda – mudi ( Karang Taruna) hal ini sangat menunjang berdirinya desa wisata karena bisa mewadahi pelaku ekonomi kreatif di desa wisata, sehingga untuk meningkatkan ekonomi masyarakat selain sektor pariwisata juga ekonomi kreatif sangat mendukung untuk kemajuan Desa Talang Benteng” Ucap Kades Edy Irawan. AH. SH. I.

 

Selain akan mengenalkan desa wisata, kami juga mengenalkan kerajinan tangan untuk menunjang ekonomi kreatif Desa Talang Benteng. Berarti dengan adanya desa wisata dan kerajinan semua unsur bisa disalurkan melalui desa wisata baik itu kerajinannya maupun seni dan budayanya dan semuanya menjadi daya tarik masyarakat setempat maupun tetangga.

 

Dengan kearifan lokal serta murni pemandangannya para pengunjung bisa menikmati suasana desa yang masih asli dengan cara menikmati kesejukan alam, hal ini wisatawan benar-benar menikmati suasana kehidupan di desa dengan kearifan lokalnya.

 

Sambung Kades, Hamparan sawah yang indah menjadi branding Desa Wisata Talang Benteng menyulap suasana desa dengan hamparan sawah menjadi daya tarik wisata dengan kreativitas warga disekitaran desa, karena kelompok masyarakat sadar Wisata, sehingga sangat mudah menyulap pesawahan jadi desa wisata yang benar-benar memanfaatkan alam yang ada tanpa rekayasa. Hal ini sangat memanjakan kita untuk benar-benar berwisata menikmati alam pedesaan yang sejuk jauh dari hiruk pikuk suasana bising kendaraan seperti halnya di perkotaan.

 

Hamparan sawah yang sederhana di tambah pemandangan gunung dempo serta bukit barisan menjadikan Desa Wisata Talang Benteng benar-benar desa wisata, tetapi ada hal yang sangat meng-edukasi yaitu kita bisa belajar tentang bagaimana memanjakan para wisatawan selain menikmati spot-spot yang alami untuk berfoto selfie.

 

Desa Wisata memang sangat membantu untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa, karena semua kreativitas bisa tersalurkan melalui desa wisata, seperti halnya Desa Wisata Talang Benteng. Kami berharap ke depan akan ada bantuan pembangunan dari Pariwisata baik dari pusat, provinsi maupun kabupaten”Harap Edy Kades.

“Team/Redaksi•

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *