Diduga Oknum Kepala Sekolah SMK,Negeri 04 Lahat, Pungut Sejumlah Uang Wali Murid,ini Alasannya

 

Publikasinusantara.com l Lahat Sumsel. Tim Gabungan Media Mencobah datang dan konfirmasi kepihak sekolah, dimana sekolah tersebut tidak lain Sekolah Menenga Kejuruan Negeri 04 (SMKN) Lahat,
Kamis 22 Juni 2023.

Ada pun dengan tujuan Tim Media ingin Bertemu langsung Kepada Kepala sekolah SMKN 04 Lahat, guna untuk memperoleh keterangan dan jawaban sesuai yang di konfirmasikan, beberapa aitem yang di konfirmasikan kepihat sekoah “pada angaran tahun 2022.

Waktu terus berjan di selah menungu datang lah salah satu guru yang diberi amanat oleh kepala Sekolah untuk menjaga dan mewakili kepala Sekolah SMKN 4 Lahat, yang beralamat di Jalan  Bandar Agung, Kec. Lahat, Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan 31414, Rabu (22/06/2023) pukul 09.00. apa yang di raih oleh Tim medi yang mana sangat berharap sekali dari pihak sekolah dapat memberikan keterbukaan publik tentang sekolah.

Akan tetapi sangat di sayangkan, pihak sekolah SMKN 04 Lahat.
menghalangi Pungsional Media-wartawan saat hendak melakukan Sosial kontrol dan konfirmasi terkait dugaan pihak sekolah memungung biaya yang betarip kesejumlah wali murid, dengan alasan hendak melengkapi pasilitas kantor berupa elektronik sejumlah Laptop dan tambahan gaji honorer.

konfirmasi terkait dugaan pungli  yang dilakukan Kepala  Sekolah terhadap siswa. Kami dihalangi Guru tersebut untuk masuk saat kami memberitahukan maksud kedatangan Kami ke Sekolah . Sempat terjadi debat dan akhirnya wartawan yang biasa bertugas di wilayah Sumsel tersebut akhirnya diarahkan depan kantor guru oleh guru yang bernama hendra tersebut. Disini kami wartawan banyak menyampaikan pertanyaan-pertanyaan, dari kami mempertanyakan papan informasi umum / publik,berapa kah jumlah seluruh siswa serta benarkah adanya iuran/pungutan tersebut dan guru  tersebut menyampaikan kepada wartawan bahwa  takut  bukan ranahnya dan diminta untuk menemui  Kepsek saja untuk memberikan informasi terkait pengutipan tersebut kepada wartawan. Dan telah kami konfirmasikan bahwa Kepala sekolah pada saat itu tidak ada ditempat, bendahara juga tidak ada ditempat dan komite juga blum datang padahal jam sudah menunjukkan pukul 09.00 Wib.

Diduga  para guru dan pegawai  tersebut takut kepada Kepala sekolah sehingga terkesan  menutup-nutupi informasi kebenaran dari informasi pengutipan uang tersebut. Kami para awak media yang bertugas sebagai social controling, serasa dihalang-halanggi dan berdasarkan Pasal 18 ayat (1) UU Pers menyatakan, “Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berakibat menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 (dua) tahun atau denda paling banyak Rp.500.000.000,00. Serta Undang-Undang No. 14 tahun 2008, tentang Keterbukaan Informasi Publik. Dan tidak sesuai dengan aturan tersebut.

Menanggapi permasalahan tersebut,  ketua Forum MKKS sekaligus Kepala Sekolah SMKN 1 Lahat Misniati, Spd. M pd. saat ditemui diruangannya mengatakan jika benar adanya pengutipan dengan iuaran/pungutan untuk membeli laptop dan Untuk gaji guru serta  sebagainya kepada siswa sehingga memberatkan orangtua siswa/i.

Atas informasi yang diterima awak media mengenai pengutipan yang telah dilakukan di SMKN 04 Lahat.  Wali murid siswa/i berharap pada pemerintah  yang terkait Dinas Pendidikan dan kepala daera Lahat, agar menindak lanjuti terkait dugaan Pungli yang dilakukan oleh Kepsek SMKN Negeri 4  Lahat, karena citra pendidikan diKabupaten Lahat sangat buruk sekali kelakuan para oknum tenaga pendidikan yang hanya bermental proyek dan rakus akan jabatan.

Red.

 

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *