Kapolres Toba : Amalkan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Melaksanakan Tugas dan Kehidupan Sehari-hari

 

 

Publikasinusantara.com  l  TOBA – Dalam rangka peringatan Hari Lahir Pancasila, Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb, SH, S.I.K. pimpin Upacara Hari Lahir Pancasila di Lapangan Mako Polres Toba, Kamis (01/06/2023)

Upacara tersebut di hadiri oleh Wakapolres Toba KOMPOL Lamin S.PD, Kabag Ops Polres Toba KOMPOL Jhony Andries Siregar S.H, Kabag Sumda KOMPOL Berman Simarmata, Kabag Ren Polres Toba KOMPOL Muridan, para Kasat dan Kasi Sejajaran Polres Toba, para Perwira Polres Toba dan Personil Polres Toba

Dalam amanat Presiden Republik Indonesia (RI) Jokowi yang dibacakan oleh Kapolres Toba AKBP Taufiq Hidayat Thayeb menyampaikan bahwa Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa, dan sumber segala sumber hukum negara.

“Pancasila sebagai dasar dan ideologi negara merupakan meja statis yang menyatukan berbagai keragaman yang ada, sekaligus sebagai “Bintang Penuntun” (leitstar),” ucap Kapolres.

“Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni, memiliki makna bagi rakyat dan bangsa Indonesia, tidak hanya menjunjung tinggi Pancasila sebagai dasar negara ataupun tujuan berbangsa, namun turut menjadikan Pancasila sebagai pegangan dalam kehidupan sehari-hari. Pancasila bukan hanya untuk dibaca dan didengar namun harus dipraktikkan dan diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga nilai-nilai Pancasila akan tertanam di dalam hati bangsa Indonesia,” tambahnya.

Kapolres juga menerangkan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para pendiri bangsa merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

Kendati kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, tapi harus diakui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” ujarnya.

Oleh karena itu, Kapolres menegaskan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

Semoga melalui peringatan Hari Lahir Pancasila tanggal 1 Juni 2023 ini, dapat lebih meningkatkan kinerja, membuat prestasi, membuat terobosan, dan menumbuhkan pembaharuan di tahun 2023 dan di tahun-tahun yang akan datang.

Kapolres juga menambahkan “Agar seluruh personil Polres Toba mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam melaksanakan tugas dan kehidupan sehari hari, Jauh narkoba, Jauh perjudian dan perbuatan tercela lainnya, tegasnya

“Semoga Allah Subhanawataala Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan perlindungan dan petunjuk kepada kita semua, untuk kejayaan bangsa dan negara.

“Selamat Hari Lahir Pancasila,” Kata Kapolres Toba. ( DNM )

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *