Sandiaga Uno Menyebut Proyek Sarana Parekraf IKN Berjalan Lancar

Publikasi Nusantara | Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memastikan dukungan terhadap pengembangan potensi parekraf di Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berjalan. Hal ini ditandai dengan bergulirnya dukungan dari investor.

Selain itu, sejumlah proyek pembangunan fasilitas pendukung parekraf di IKN telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo di 2023. “Presiden sudah melakukan ground breaking beberapa proyek sektor parekraf, terutama untuk sektor akomodasi di IKN,” kata Sandiaga dalam ‘The Weekly Brief with Sandi Uno’ di Jakarta, dikutip Kamis (11/1/2024).

Bacaan Lainnya

Adapun proyek-proyek tersebut di antaranya pembangunan Hotel Nusantara oleh Konsorsium Nusantara dengan nilai investasi Rp20 triliun. “Ground breaking ini telah dilakukan pada 21 September 2023 dan target operasinya pada Agustus 2024,” ungkapnya.

Ada pula ground breaking pembangunan Hotel Vasanta oleh PT Sirius Surya Sentosa (Vasanta Group) pada 23 September 2023. Kemudian PT Pakuwon Nusantara Abadi melaksanakan ground breaking pembangunan superblok berupa pusat perbelanjaan.

Tak hanya itu, juga akan dibangun kondominium dan tiga hotel dengan nama area Pakuwon Nusantara dengan total investasi Rp5 triliun. Pembangunan ini bekerja sama dengan Marriott Group sebagai operator melalui brand The Westin, Four Points, dan Tribute Portofolio.

“Kita terus mempromosikan investasi di IKN, terutama di sektor parekraf karena kita perlu membangun akomodasi. Dengan berinvestasi kita juga mendorong (pengembangan) dari segi pariwisata dan produk-produk ekonomi kreatif,” katanya.

Sandiaga menekankan, pengembangan pariwisata di IKN akan mengedapankan konsep eco tourism. “Kawasan hutan (di IKN) dipastikan 75 persen hutan tropis dan 25 persen baru dibangun sebagai bagian dari fasilitas,” ucapnya. (Red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *