Terima SK, DPD Sumsel Yayasan Derma Kasih Indonesia Ajak Semua Pihak Kejar Amal Dunia & Akhirat

 

Publikasinusantara.com Sumatera selatan Derma Kasih Indonesia | Sumsel – Dewan pimipinan Daerah Sumatera selatan Yayasan Derma Kasih Indonesia menerima SK pengurus (9/2/24). Usai terima SK Feri Indra Leki selaku ketua DPD Sumsel Yayasan Derma Kasih Indonesia mengucap syukur, “puji syukur Alhamdulillah atas kehadirannya atas rahmat Allah SWT, DPP telah memberikan kepercayaan bagi kami menjadi pengurus Yayasan Derma Kasih Indonesia, Insa Allah kami dapat menjaga amanah dalam mengemban tugas untuk ibadah melalui yayasan Derma Kasih Indonsesia (DKI).

Feri menyebut, usai terima SK kami telah menyusun program untuk segera kami laksanakan atas amanah yang diberikan Yayasan, adapun program yang kami susun yaitu :

Dalam bidang sosial program yang kami rencanakan diantaranya : Santunan Yatim Piatu, Fakir Miskin dan Dhuafa, Pengadaan Perpusatakaan Keliling, Bhakti Sosial / Aksi Kepedulian Sosial, dan Pembinaan Anak Jalanan. Kami juga berencana akan mengadakan pelayanan rumah singgah untuk anak jalanan, dan anak anak terlantar.

Dalam pendidikan adapun program yang kami rencanakan kedepannya kami akan membuka pendidikan formal maupun non formal seperti mendirikan PAUD, TPA, MI, SDIT, SMP & MTS, SMK, SMA & MAN bahkan hingga Perguruan Tinggi, yang juga berbasis Kepesantrenan maupun nasional. Untuk non formal diantaranya ; Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), pelatihan keterampilan seperti latihan bengkel, las, pelatihan komputer dll.

Masih kata Feri, dalam keagamaan kami berencana mengadakan Program Da’wah, Majelis Ta’lim, Pengajian-Pengajian, Takblig Akbar, serta membuka penggalangan Donasi pembangunan – pembangunan mushola dan Masjid untuk seluruh wilayah sumsel.

Guna meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat kami telah menyiapkan beberapa program seperti Koperasi dan UMKM seperti tebus murah untuk sembako dan pupuk, Budidaya Ikan (Lele, gurame, Patin, Gabus dll), Pertanian dan Perkebunan.

Selanjutnya Feri meneruskan, dalam hal kesehatan kami akan adakan penggalangan dan Donasi untuk biaya berobat bagi Masyarakat miskin, mengadakan cek kesehatan gratis, khitan massal gratis, dll.

Feri mengatakan, beberapa program tersebut diatas terdiri dari program jangka pendek, program jangka menengah dan program jangka panjang.

Dalam menjalankan amanah ini kami tak dapat berjalan sendiri, kami membutuhkan peranan semua pihak, baik pmerintah, swasta dan masyarakat. Karena kami hanya relawan yang memberi diri untuk melayani masyarakat sebagai saluran dan jembatan kebaikan bagi semua orang, ucapnya.

Lewat kesempatan ini kami mengajak semua pihak untuk berlomba – lomba mengejar dan meraih amal dunia dan akhirat dengan bersedekah, baik sedekah dana maupun sedekah barang atau lainnya.

Lanjut Feri, sebagaimana kita tahu dalam agama Islam, sedekah adalah salah satu ibadah dianjurkan sebab tindakan tersebut sangat dicintai oleh Allah SWT. Terlebih sedekah jariyah sangat diutamakan. Karena mendatangkan banyak manfaat bagi pemberi dan penerimanya. Sedekah jariyah merupakan bentuk sedekah dimana imbalan pahalanya terus mengalir dan dirasakan pelakunya, meskipun telah meninggal.

Amalan sedekah ini diatur dalam QS. Al-Baqarah: 271 berbunyi, “Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu, dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan”.

Sementara itu Tisar Haryadi selaku Ketua Umu Yayasan mengatakan kiranya DPD Sumsel dapat mengemban amanah dengan maksimal yaitu untuk membantu dan menolong orang – orang yang mebutuhkan, seperti donasi pendidikan, santunan, pembangunan rumah ibadah, layanan kesehatan dan bantuan ekonomi baik itu bantuan dana maupun barang.

Tak hanya itu Yayasan Derma Kasih Indonesia juga membangun fasilitas umum seperti pengadaan sumber air bersih, MCK dan pustaka keliling, papar Tisar.
Selamat menunaikan tugas dan amalan mulia ini atas seluruh jajaran DPD Sumsel, “pesan saya tetap jaga amanah, jujur, transparan dan harus mampu mejaikan laporan keuangan secara proporsional dan transparan, jaga kepercayaan para donatur dan sponsor terlebih Allah SWT, tutup Tisar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *